May
31

laporan observasi Praktek Lapangan kependidikan (PPLK)

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai salah satu universitas negeri yang ada di Sumatera Barat yang memiliki program kependidikan, berupaya untuk mencetak guru dan calon guru yang profesional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pelaksanaan Program Praktek Lapangan Kependidikan (PPLK) yang merupakan kegiatan pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, keterampilan yang diperoleh di perguruan tinggi. Dalam kegiatan ini mahasiswa di tempatkan pada salah satu sekolah baik SMP, SMA, SMK, MAN dan sekolah lainnya yang ada di Sumatera Barat untuk melaksanakan tugas yang telah digariskan petugas di UPT-PPL UNP. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu semester.

Program Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan oleh mahasiswa yang mengambil program kependidikan. Pada program ini mahasiswa yang telah memenuhi syarat melakukan latihan mengajar di sekolah yang telah di tempatkan oleh Unit Program Pengalaman Lapangan (UPPL).

Selain itu praktek lapangan ini juga membentuk dan menghasilkan tenaga guru yang berpotensi, berjiwa Pancasila, bertaqwa, dan menjunjung tinggi UUD 1945. Pendidik yang berkualitas bukan hanya memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang memadai tetapi juga harus memiliki pengalaman dalam proses belajar dan mengajar di dalam kelas.

Sebagai seorang calon guru, sekolah yang dijadikan tempat praktek lapangan (PL) merupakan lingkungan yang baru. Mengenal kondisi dan lingkungan sekolah sangatlah penting. Untuk itu, observasi merupakan langkah awal yang dapat dilakukan agar  bisa menyesuaikan diri nantinya dengan lingkungan sekolah selama praktek lapangan (PL) berlangsung khususnya di SMA Pembangunan UNP Padang.

Setiap mahasiswa yang mengikuti pengalaman lapangan kependidikan ditugaskan melaksanakan observasi, disamping observasi yang dibuat itu tidak terlepas dari kegiatan pengalaman lapangan. Pada awal pelaksaan PPL-K mahasiswa melakukan pengamatan bagaimana cara guru pamongnya mengajar dan harus melakukan observasi tentang keadaan sekolah yang dikenal dengan observasi pengenalan lapangan. Observasi pengenalan lapangan adalah melakukan pengamatan  maupun mencari informasi tentang keadaan sekolah yang meliputi keadaan fisik sekolah, sarana dan prasarana yang tersedia, data guru/pegawai, keadaan lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, interaksi sosial, pelaksanaan tata tertib di sekolah tempat mahasiswa tersebut melakukan PPL-K. Dengan adanya observasi pengenalan lapangan ini diharapkan mahasiswa lebih mengenal lingkungan sekolah.

  1. Tujuan Observasi

Adapun tujuan dalam melaksanakan observasi ini antara lain:

  1. Melaksanakan kegiatan mengajar dalam rangka menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh.
  2. Mengetahui segala bentuk dan cara pengelolaan kels serta tugas-tugas yang berhubungan dengan kependidikan.
  3. Melatih dan mempersiapkan mental calon guru untuk terjun ke lapangan.
  4. Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar.
  5. Menarik suatu kesimpulan adukatif dan penghayatan dan pengalaman selam latihan melalui refleksi dan menuangkannya dalam bentuk laporan.
  6. Ruang Lingkup

Laporan ini dibuat berdasarkan program pengalaman lapangan kependidikan yang dilakukan penulis, mencakup program microteaching yang dilaksanakan oleh jurusan-jurusan yang ada di Universitas Negeri Padang, khususnya program studi pendidikan Ekonomi. Kegiatan microteaching salah satu kegiatan mengajar meliputi melaksanakan dan merencanakan kegiatan praktek lapangan ke sekolah latihan. Kegiatan non teaching yang dilaksanakan antara lain kegiatan ekstrakurikuler yang ada pada sekolah latihan ini, dilaksanakan di luar jam Proses Belajar Mengajar (PBM) berlangsung.

  1. Lokasi Observasi

Berdasarkan ketetapan dari UPPL (Unit Program Pengalaman Lapangan) yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Rektor UNP untuk semester Januari-Juni 2013, penulis ditempatkan melaksanakan praktek lapangan di SMA Pembangunan UNP Padang yang di mulai pada tanggal 12 Pebruari 2013 sampai 31 Mei 2013.

BAB II

HASIL OBSERVASI

  1. Identitas Sekolah

Nama sekolah                          : SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Alamat                                                : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP

Kelurahan Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara, Padang

No.telepon                              : (0751)7050475

NSS/NPSN                             : 302086107039/ 10303465

Jenjang Akreditasi                  : B

Tahun didirikan                       : 1990

Tahun beroperasi                     : 1990

Kepemilikan tanah                  : Milik sendiri

  1. Status tanah                : Hak Milik
  2. Luas Tanah                  : 13.175 m2

Status Bangunan                     : Milik Sendiri

Luas Bangunan                       : 1.740 m2

Nomor Rekening Sekolah       : 1008.0210.00774-0.,atas nama SMA Pembangunan

LaboratoriumUNP

Website                                   : http://www.sma.pembangunan.org

Email Kepala Sekolah             : almasri@pembanguna.org

Email Tata Usaha                    : tu.sma@pembangunan.org

  1. Visi dan Misi SMA Pembangunan UNP Padang
  2. Visi

Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa yang akan datang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan (1) potensi yang dimiliki sekolah, (2) harapan masyarakat yang dilayani sekolah. Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholder) bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakiliaspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait(guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat dan pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.

Visi SMA Pembangunan laboratorium UNP adalah

“Terwujudnya lulusan  yang cerdas, berbudaya, berakhlak, beriman dan bertaqwa.”

  1. Misi

Setiap kerja komunitas pendidikan kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan bidang masing-masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan priman kerjasama dan silaturrahim.

Penjabaran misi SMA Pembangunan Laboratorium UNP meliputi :

  1. Mewujudkan pembelajaran yang aktif dan afektif dalam rangka pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mewujudkan pembelajaran pada mata pelajaran dengan unsur lima I (5 I) yaitu : (1) Iman, (2) Taqwa, (3) Inisiatif, (4) Industrius, dan (5) Interaktif.
  3. Mewujudkan tri sukses yaitu : (1) Sukses Akademik, (2) Sukses Hubungan Sosial, dan (3) Sukses Berprestasi.
  4. Mewujudkan pelaksanaan pembelajran teori dan praktek yangseimbang, seperti labor IPA, IPS, Komputer, Bahasa dan sebagainya.
  5. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan konseling yang efektif secara optimal sesuai dengan karekteristik peserta didik dan potensi yang dimiliki sekolah.
  6. Meningkatkan prestasi untuk berkompetisi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui belajar tambahan yang terprogram dan terencana dengan baik.
  7. Mewujudkan lulusan dengan nilai terbaik dan berdayaguna secara terus menerus dan berkelanjutan di lingkungan masayarakat.
  8. Mewujudkan kemampuan kegiatan ekstrakurikuler yang tangguh dan kompetitif.
  9. Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu dan tangguh semangat untuk berprestasi kepada seluruh warga sekolah.
  10. Mewujudkan peningkatan penghayatan terhadap ajaran agama islam dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari dengan shalat berjamaah, wirid dan membaca Al-Qur’an.
  1. Tujuan

Fungsi dan tujuan SMA Pembangunan Laboratorium UNP tidak hanya menerapkan ilmu pengetahuan saja kepada siswa, tetapi juga mengajarkan aplikasi dari ilmu pengetahuan tersebut ke dalam dunia pekerjaan yang diminati siswa-siswanya dan membantu siswa melihat kesempatan-kesempatan yang ada. Agar setiap siswa mendapatkan gambaran bagaimana lapangan pekerjaannya nantinya dan meraih sukses dimasa yang akan datang. Setiap sekolah juga harus membentuk karakter yan baik, beriman dan bertaqwa dari dalam diri setiap siswanya karena tanpa karakter tersebut mereka tidak akan bisa menjadi pemimpim yang baik.

Adapun tujuan SMA Pembangunan Laboratorium UNP adalah sebagai berikut :

  1. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar proses pembelajaran  yang bermutu melalui kurikulum SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Secara lengkap
  2. Sekolah mampu melaksanakan school-based menajemen dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisien pendidikan sekolah.
  3. Sekolah mampu mendorong partisipasi peran serta masyarakat membantu penyelenggaraan pendidikan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP
  1. Struktur Organisasi (terlampir)
  2. Nama Guru dan Pegawai (terlampir)
  3. Proses Belajar Mengajar
  4. Kegiatan Membuka Pelajaran

Sebelum pembelajaran dimulai, setiap pagi, siswa berdoa dan membaca Asmaul Husna selama 10 menit yang dipandu oleh ketua kelas. Hal ini bertujuan untuk pembentukan akhlak siswa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT .

Di awal pembelajaran guru memeriksa kehadiran siswa dan memeriksa tugas siswa dan menanyai apakah ada pertanyaan tentang pelajaran yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya. Jika tidak ada lagi masalah guru meminta siswa mengumpulkan tugas mereka untuk kemudian diberi paraf dan dinilai oleh guru.

Sebagian besar perhatian siswa cukup baik di pagi hari, namun pada jam terakhir konsentrasi siswa untuk belajar menjadi agak berkurang.

  1. Kegiatan Menjelaskan Pelajaran

Setelah guru membahas tugas yang diberikan, guru mulai menjelaskan materi pelajaran. Jika siswa masih belum mengerti mengenai materi sebelumnya, maka guru akan menjelaskan kembali mengenai materi yang belum dipahami oleh siswa. Biasanya guru memulai materi baru dengan menjelaskan materi terlebih dahulu. Setelah guru menjelaskan materi guru menanyakan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. Jika sudah paham maka guru memberikan latihan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan.

Ketika siswa mengerjakan latihan guru berjalan-jalan di kelas untuk memperhatikan siswa mengerjakan latihan dan menjelaskan jika ada diantara siswa yang bertanya. Setelah waktu untuk mengerjakan latihan guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan di papan tulis untuk dibahas bersama. Namun adakalanya juga guru langsung menilai pekerjaan siswa di bangkunya masing-masing.

  1. Kegiatan Menutup Pelajaran

Di akhir pembelajaran, guru memandu siswa untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari. Guru biasanya memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) untuk siswa tentang materi yang telah dibahas tadi. Tugas ini akan dibahas dan dikumpulkan pada akhir setiap bab yang telah dipelajari.

Tahun ajaran Jumlah pendaftar Kelas I Kelas II Kelas III Jumlah

(kls I+II+III)

Jml siswa Jlm rombel Jml siswa Jlm rombel Jml siswa Jlm rombel Jml siswa Jlm rombel
2009/2010 468 241 6 184 5 200 5 625 16
2010/2011 486 252 6 223 6 177 5 652 17
2011/2012 240 240 6 218 6 205 6 663 18
2012/2013 426 267 7 204 6 209 6 680 19
  1. Lingkungan Fisik Sekolah
  2. 1.      Keadaan Fisik

SMA Pembangunan Laboratorium UNP padang memiliki luas tanah seluas 13.175 m2 dan luas abngunannya adalah 1.740 m2. Namun untuk saat ini gedung sekolah pembangunan ini sedang dalam masa perbaikan dan pembangunan sehingga untuk sementara proses belajar mengajar sekolah ini di lakukan di gedung perkuliahan Universitas Negeri Padang. Karena kondisi ini maka pembelajaran di sekolah ini terdiri dari 2 shift yaitu kelas XI dan XII masuk pagi dan kelas X masuk siang.

Tabel 2. Sarana dan Prasarana*

NO SARANA & PRASARANA JUMLAH (ruang) KETERANGAN
1 Ruang Belajar 10
2 Ruang Majelis Guru 1
3 Ruang Kepala Sekolah 1
4 Ruang Wakil Kepala Sekolah 1
5 Ruang Laboratorium 3 IPA,Bahasa,dan Komputer
6 Ruang Perpustakaan 1
7 Ruang Multimedia 1
9 Ruang OSIS 1
10 Ruang BP/BK 1
11 Ruang Ibadah 1 Masjid
12 Ruang Kantin 3
13 Ruang WC Guru/Pegawai 2
14 Ruang WC Siswa 2

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

  1. A.    Kesimpulan

 

Berdasarkan uraian yang telah dijabarkan sebelumnya, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal, yaitu :

  1. Kegiatan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPL-K) tidak hanya mengasah kemampuan mengajar tetapi juga mengasah kemampuan untuk melaksanakan ineraksi sosial dengan personil sekolah.
  2. Kegiatan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPL-K) berusaha melatih mahasiswa untuk menjadi guru yang professional.
  3. Untuk menjadi guru yang professional, seorang mahasiswa (calon guru) harus bisa membuat program tahunan, program semesteran, program bulanan dan program harian dan laporan kegiatan.
  1. B.     Saran

Dalam penulisan laporan ini, ada beberapa hal yang ingin penulis sampaikan antara lain :

Agar selalu terjalin kerja sama yang baik antara guru pamong dengan mahasiswa PL, serta kerja sama antara mahasiswa dengan guru-guru lain dan juga staf tata usaha.

LAPORAN OBSERVASI

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)

DAN PENGENALAN LAPANGAN (PPL)

SEKOLAH MENENGAH ATAS PEMBANGUNAN LABOR UNP PADANG

 

 

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Penyelesaian Mata Kuliah Praktek Lapangan Kependidikan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang

Periode Semester Januari – Juni 2013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh :

Dicky Hendra Mulyadi

98479/2009

 

 

 

 

 

PENDIDIKAN EKONOMI

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2013

Leave a Reply

Delicious


Calendar

May 2013
M T W T F S S
« Nov    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031